Jan 24, 2013

[PC Game] Tom Clancy's Ghost Recon: Future Soldier

Ini update-an dari review yag sebelumnya, kali ini versi update patch 1.5.

Developer: Ubisoft Paris, Ubisoft Red Storm, Ubisoft Romania, Ubisoft Ukraine
Publisher : Ubisoft
Designer : Jean-Marc Geffroy
Writer : Richard Dansky
Composer : Hybrid, Tom Salta

Release date : June 26, 2012
Rating ESRB : M (Mature)


System Requirements for PC :
- Minimum :
OS : Windows Vista (SP 2) / Windows 7 (SP 1), 32 bit & 64 bit
Processor : Intel Pentium D 3.0 GHz or AMD Athlon64 X2 4400+ 2.2 GHz CPU
Memory : 2GB
Video Card : 256 MB DirectX–compliant, Shader 4.0–enabled GPU
DirectX : DirectX 11
Sound : DirectX 11 – compliant sound card
HDD Space : 25 GB free hard disk space
Online connection to activate and register the game

- Recommended :
OS : Windows Vista (SP 2) / Windows 7 (SP 1), 32 bit & 64 bit
Processor : Intel Core2 Quad Q9450/ AMD Phenom II X4 940 or greater CPU
Memory : 3 GB
Video Card : 1024 MB DirectX–compliant, Shader 4.0–enabled (nVidia GeForce GTX 460 or AMD/ATi HD 5850 or better GPU)
DirectX : DirectX 11
Sound : DirectX 11 – compliant sound card
HDD Space : 25 GB free hard disk space
Online connection to activate and register the game

- Spec yang gw pakai:
OS : Windows 7
Processor : Intel Core2Duo 2.83 Ghz
Memory : 4 GB (3GB limit OS-32 bit)
Video Card : 9800GT 1GB

Plot :
Sebuah tim yang terdiri dari 4 orang dengan kode nama "Predator", dikirim ke negara Nikaragua untuk mengagalkan penyelundupan senjata. Saat memeriksa barang selundupan tersebut di dalam truk, salah seorang dari mereka menemukan sebuah bom yang dipasang di dalam truk tersebut dan telah diaktifkan. Walaupun tim tersebut berusaha melarikan diri, ledakan bom akhirnya menewaskan mereka. Sebuah tim dengan kode nama "Hunter", ditugaskan untuk meyelidiki darimana sumber bom tersebut berasal, yang membawa tim ini untuk pergi ke berbagai negara, dan berhadapan dengan kesatuan khusus dari Rusia bernama "Raven's Rock".


Characters :






Gameplay :
- Begin : Select & Customize Weapon

Sebelum memulai misi, player akan diberikan equipment default untuk primary weapon dll, tapi player tetap bisa memilih tipe senjata sesuai yang diinginkan.


Beberapa senjata dengan tipe yang sama bisa dipilih sebelum memulai misi, masing-masing senjata ada yang unggul di kekuatan, jarak, akurasi, stabilitas, atau fire rate.


Senjata yang dipilih masih bisa diganti beberapa bagiannya, untuk menambahkan fungsi atau hanya meningkatkan salah satu parameter (yang terkadang menurunkan parameter lainnya). Beberapa part hanya bisa digunakan setelah menyelesaikan misi atau challenge.


- Basic

Saat misi dimulai, player akan diberikan tujuan dari misi.


Dengan menahan right click, player dapat melihat target lebih dekat dan lebih tepat.


Peluru, granat, sensor dapat diisi ulang melalui kotak amunisi yang tersebar sepanjang game.


Player akan diberikan arah dan jarak dari tujuan misi, dapat berupa tempat, benda ataupun orang.


Cover Swap berfungsi untuk membuat player pindah dari salah satu tempat berlindung ke tempat berlindung lainnya dengan cepat. Sangat berguna apabila tempat berlindung sudah mulai hancur akibat tembakan musuh, atau untuk mendapatkan posisi yang lebih strategis.



Apabila player terluka cukup parah, baik karena terkena tembakan beruntun, granat, ataupun RPG (hanya untuk ledakan yang tidak telak), player akan terjatuh dan tidak bisa menembak namun masih bisa bergerak pelan untuk berlindung. Kondisi player akan kembali normal setelah ditolong oleh NPC. Hal yang sama juga berlaku untuk NPC, saat terluka harus ditolong oleh player atau memerintahkan NPC lainnya untuk menolong.


Senjata musuh yang dikalahkan dapat diambil, dengan cara ditukar dengan senjata primary atau secondary.


Pada beberapa misi, player akan diberikan equipment khusus seperti Magnetic View (untuk melihat benda logam dan bisa melihat tembus tembok) atau Thermal Sensor (berguna dalam gelap). Beberapa scope pada senjata juga mempunyai salah satu dari 2 fungsi ini.

Beberapa misi punya syarat khusus, yang jika tidak bisa dipenuhi akan menyebabkan misi langsung gagal. Misalnya ada countdown sampai waktu tertentu, atau keberadaan player tidak boleh sampai diketahui musuh.


- Stealth

Apabila ada musuh yang melihat, maka akan ada tanda yang memberitahu arah musuh tersebut, warna putih menunjukkan apabila musuh belum sadar, semakin lama tanda ini muncul, warnanya akan berubah menjadi merah dan musuh akan sadar.


Mulai misi ke-2, player akan dapat fungsi camouflage, yang akan aktif secara otomatis saat posisi crouch/jongkok (tombol CTRL). Camouflage akan hilang apabila player berjalan atau berlari dalam posisi berdri, bergerak terlalu cepat (misalnya lari), menembakkan peluru, atau keberadaannya diketahui oleh musuh. Fungsi camo hanya menurunkan kemungkinan player bisa dideteksi oleh musuh, tidak seperti saat berdiri biasa, jika terlalu lama dilihat atau terlalu dekat dengan musuh, player tetap bisa terdeteksi. Fungsi stealth paling tinggi bisa didapatkan dengan cara tiarap/prone. Selain meningkatkan akurasi tembakan, untuk jarak yg sama dengan crouch, posisi prone lebih sulit untuk dideteksi musuh.




- Gather Intel
Mengumpulkan informasi musuh, seperti posisi dan senjata yang digunakan bisa menggunakan 3 cara :

1. Sensor

Sensor bisa mengumpulkan informasi dalam jarak tertentu, musuh yang diluar radius sensor tidak dapat dideteksi. Setelah beberapa saat fungsi sensor yang sudah dilemparkan akan hilang.

2. Drone

Berbeda dengan sensor yang jumlahnya terbatas, drone bisa digunakan setiap saat, dan bisa menggunakan sonic pulse yang bisa membuat musuh stun sebentar. Kekurangan drone adalah bisa dideteksi musuh, tidak seperti sensor.

3. Manual
Apabila berjalan mendekati musuh, anggota tim bisa memberitahukan arah, jumlah orang, dan senjata yang digunakan.


Musuh dengan warna kuning belum mendeteksi player, apabila terdeteksi (mulai pertempuran) musuh akan ditandai dengan warna merah. Musuh yang sudah dilumpuhkan ditandai dengan warna putih.


- Combat

Crosshair akan berubah warna menjadi orange apabila arah tembakan mendekati musuh, apabila arah tembakan mengenai civilian/penduduk crosshair berwarna hijau. Tidak bisa friendly fire, karena tembakan akan otomatis di disable.



Beberapa musuh dapat ditandai/mark agar bisa ditembak oleh anggota tim yang lain untuk melakukan tembakan dalam waktu yang sama (sync shot). Apabila 4 musuh sudah ditandai, player dapat menembak salah satunya, dan tiga anggota lainnya ikut menembak. Jika jumlah musuh yang ditandai kurang dari 4, player dapat membuat anggota tim menembak dengan menahan tombol Q (tombol mark), atau jika player mengambil salah satu target, anggota lainnya akan ikut menembak saat player menembak. Sync shot yang sukses akan membuat waktu bergerak lebih pelan selama beberapa detik setelah tembakan dilepas, player dapat menggunakan kesempatan ini untuk menembak lebih banyak musuh lagi.


Stealth kill dapat dilakukan dengan mendekati musuh dari arah yang tidak terlihat. Walaupun mempunyai resiko lebih besar untuk dideteksi, stealth kill memiliki keunggulan, yaitu lebih silent daripada senjata dengan suppressor/peredam (tubuh yang jatuh setelah ditembak dapat membuat musuh lain sadar). Untuk 2 musuh dengan jarak dekat (selama tidak masuk dalam jarak pandang musuh) saat melumpuhkan musuh pertama, musuh kedua tidak akan sadar, berbeda dengan menembak. Stealth kill juga membuat player lebih cepat kembali ke mode camouflage setelah melumpuhkan musuh.


Pada beberapa misi ada yang membutuhkan agar tim melakukan penyergapan (ambush) pada musuh. Saat penyergapan dilakukan waktu akan melambat (seperti setelah sync shot), sehingga player bisa menembak beberapa target dengan cepat.


- Result

Setelah misi selesai, maka score akan dihitung. Score akan semakin tinggi apabila Stealth Action tinggi dan waktu yang diperlukan untuk melakukan misi rendah, score menjadi rendah secara signifikan apabila ada korban penduduk.



[What's Good :]

- Graphic
Detail yang termasuk luar biasa, mulai dari jemuran baju (lol), sampai sampah di sungai. Setiap negara tempat misi, mulai dari di Afrika, India, sampai Rusia berasa perbedaannya. Setiap senjatanya dan perlengkapannya juga dibuat lumayan detail.

In-game Screenshot :




- Action
Pertempuran tembak-menembak yang seru (walaupun terkadang bisa jadi frustasi), dan bisa juga dalam jarak dekat. Player harus berpikir taktik untuk melumpuhkan musuh sebanyak mungkin dengan silenced kill, karena jumlah musuh jauh lebih banyak.

- Music
Musiknya cukup untuk mendukung ketegangan pertempuran, bahkan salah satunya mengunakan violin saat bertempur di gereja tua.

- Challenge
Beberapa tantangan dibuat untuk membuka senjata dan komponen tertentu. Beberapa tantangannya mungkin sanggup membuat depresi, tapi juga menarik karena butuh taktik khusus.




[What's Decent :]

- Story
Tidak banyak cerita dan perkembangan karakter yang berarti, mungkin karena lebih difokuskan untuk aksi dibandingkan cerita. Walau endingnya terasa cukup badass.

- AI
Untuk silence kill, AI teman memang bagus, tapi untuk open combat, jumlah musuh yang dibunuh oleh anggota yang lain mungkin hanya sebagian kecil dari yang ada. Kemungkinan anggota teman untuk "down" di open combat juga sangat besar, sehingga sedikit menjadi beban.

*Update patch 1.5 : Anggota team sekarang tidak terlalu cepat down seperti pada versi awal, namun tetap tidak banyak membantu jika tidak diberi perintah.

- Mission
Walaupun banyak variasinya (menembak dari helikopter dll), namun terkadang bisa timbul rasa bosan, karena beberapa bagian di dalam misi terasa berulang.

- Bug
Ada beberapa bug yang bisa terjadi di dalam game, mulai dari warna musuh yang sudah tewas namun masih berwarna merah (seharusnya putih), ada musuh yang melemparkan frag granade dan terpantul ke dekat diri sendiri, namun masih berjalan mendekati granat, dan akhirnya kena ledakan (lol). Beberapa bug-nya ada parah, seperti anggota tim yang kadang tidak bisa berdiri setelah prone, sehingga tersangkut (bisa di-fix dengan restart dari check point). Tapi ini mungkin karena versi yang gw pakai ini masih versi pertama (v 1.0), dan sampai sekarang sudah ada beberapa patch, yang sayang nya masih belum dapat.

*Update patch 1.5 : Sudah banyak bug yang diperbaiki, gameplay sekarang jauh lebih nyaman, walaupun beberapa bug tetap masih ada



[What's Bad :]

> Death Animation
Animasi musuh setelah ditembak benar-benar buruk. Saat headshot, musuh malah memegang leher, saat headshot dari samping, musuh memegang dahi dan sebagainya.


[Conclusion :]
Game dengan aksi tembak-tembakan yang cukup seru, walaupun tentu saja fokus utamanya adalah stealth dan silence kill.


Note :

- Gunakan gas system yang standard atau under-gassed, over-gassed bisa menaikkan fire rate, tapi akurasi akan turun. Tidak butuh banyak tembakan untuk membunuh satu musuh, dan tidak ada gunanya fire rate tinggi tapi hanya sedikit tembakan yang kena.

- Jangan berlindung di dekat mobil atau tempat yang masih agak terbuka saat berhadapan dengan musuh yang memakai RPG. Ledakan RPG akan membuat mobil meledak, yang otomatis akan membunuh player. Ledakan RPG cukup luas untuk membunuh player jika tempat berlindung terlalu minim. Sembunyi di belakang tembok rumah paling efektif, selain itu kemungkinan untuk jadi target menurun.

- Spam sync shot!

-------------------------


- Game yang di review ini sudah pada patch v1.5, dan patch masih terus keluar. Peningkatan frame rate dibandingkan game versi pertama cukup drastis.

- Semua control default, jadi setiap orang mungkin bisa beda. tapi config controlnya sudah lumayan nyaman.

- Gak main mode Multiplayer, jadi gak komentar.

- Ini game Ghost Recon pertama yang gw mainkan.

- Klik gambar (untuk yang bisa di-klik) untuk lihat ukuran yang lebih besar.

- Semua gambar diatas ada di setting-an mid-low(?), jadi yang punya CPU 1THz, VGA sebesar batu bata, silahkan maksimalkan grafiknya. Gamma-nya ditambahkan karena gw main di monitor CRT (CRT FTW!) jadinya rada gelap, gambar aslinya tidak seterang screenshot-screenshot di atas.


- Ini review yang sama dengan yang gw post di AOIndonesia.net

- Kali ini (pertama kedua kalinya!) bebas emot, karena lagi males ditambahin.


Silahkan komen kalau ada yang salah, kurang, mau ditanggapi, atau mau ditambahkan.


[PC Game] Tom Clancy's Ghost Recon: Future Soldier
4/ 5
Oleh