Mar 28, 2013

[PC Game] DmC : Devil May Cry DLC - Vergil's Downfall



Setelah berminggu-minggu dilanda galau internet, akibat kekuatan jangkar dari kapal random, akhirnya bisa review DLC DmC ini. orz

Sebelumnya sudah pernah review game DmC, kali ini review salah satu DLC-nya, Vergil's Downfall.

Mulai dari tampilan barunya :

Vergil's Downfall diceritakan dengan menggunakan campuran animasi 3D seperti pada game utamanya, dan animasi 2D yang... artistik.




CHARACTERS
- Vergil
Berlanjut setelah cerita DmC, dimana setelah cinta Vergil ditolak oleh Dante, yang jelas-jelas lebih memilih bersama cewe dibanding menjadi seorang maho. Vergil pun mengganti gaya rambutnya dan memilih untuk menjadi anggota boyband.

...tentu saja bukan itu ceritanya (´・ω・`). Silahkan mainkan gamenya untuk tahu ceritanya, biar gak spoiler.

- Vergil
Karakter berikutnya adalah Vergil. ...Kayaknya baru aja bahas Vergil. Ah, perasaan gw aja kayaknya. Tampangnya jadi makin berantakan, walaupun masih tetap lebih ganteng setara KW1 dibanding saudara kembarnya yang KW3.


- Vergil...?
Sepertinya memang di DLC ini karakternya cuma ada Vergil.... Oh wait, ada Dante, Kat dan Eva juga, walaupun cuma jadi peran pembantu ( ̄ー ̄).


WORLD
Setting dunia di Vergil's Downfall bukan lagi di Limbo, tapi di "neraka". Dibandingkan Limbo yang lebih solid, dunia yang kali ini lebih banyak ke platforming.

Ada juga beberapa perbedaan lainnya, seperti :
- Vergil tidak mencari kunci dan pintu rahasia seperti Dante, tapi langsung mencari bagian dari cross health yang tersebar.
- Tidak ada pintu atau vines yang menghalangi jalan, yang perlu dihancurkan dengan mode demon atau angel.
- Tidak ada objek yang bisa dihancurkan untuk mendapatkan orb.



MISSION
Sama seperti Dante, Vergil juga dapat ditambah kemampuannya pada saat awal misi dimulai. Upgrade untuk Vergil lebih sedikit jumlahnya. Upgrade, membeli item, mengganti penampilan Vergil dapat dilakukan pada awal misi, atau dengan menggunakan divinity statue di tengah game.

Saat misi berakhir dilakukan perhitungan style point, waktu dan kelengkapan item. Jika Dante mengumpulkan kunci, membuka pintu misi, dan mengumpulkan lost soul, maka Vergil hanya mengumpulkan health cross fragment dan lost soul.



COMBAT
Dibandingkan Dante yang punya 5 senjata tajam dan 3 senjata api (...kayak pelaku kriminal), Vergil hanya punya 1 pedang dan summoned sword (miskinnya Vergil...). Kebanyakan serangan Vergil lebih berfokus pada 1 musuh dibandingkan untuk kumpulan musuh, walaupun skill area atau wide attack tetap ada. Keunggulan Vergil adalah evade yang jauh (banget) lebih berguna daripada evade pada Dante. Kekurangannya selain kurang serangan area adalah kebanyakan skill Vergil punya delay yang lumayan besar, baik pada awal maupun pada akhir eksekusi skill.

- Yamato
Pada mode standar, Yamato lebih terfokus untuk ke 1 musuh dengan combo multi-hit. Ada 5 skill untuk mode ini : Slasher, Cross Cut, Judgement Cut (FTW!), Aerial Rave dan Helm Breaker.



- Yamato : Demon Mode
Pada demon mode, kecepatan serangan turun drastis, namun kekuatan serangan meningkat. Sama seperti Demon weapon Dante, semua skill pada demon mode yang dilakukan di udara selalu berakhir di darat. Skill untuk Demon mode adalah : Divorce (wut?), Volcano, Killer Bee (like a boss kick), Drive dan Stomp.


Demon mode juga dapat digunakan untuk summoned sword, yang fungsinya sama dengan Demon Pull-nya Dante. Perbedaannya hanya animasi (jelas lah) dan timing untuk menarik musuh, dimana untuk Vergil, delay untuk menarik musuh hampir tidak ada.


- Yamato : Angel Mode
Kebalikan dari Demon mode, Angel mode punya kecepatan serang yang lebih tinggi, area serang yang lebih luas, namun kekuatan serangan jauh lebih rendah. Skill untuk Angel Mode : Rapid Slash (awas jatoh abis ngesot-ngesot), Flare, Rising Star (hiten mitsurugi-ryuu!), Orbit, Aerial Flush.


Angel mode untuk summoned sword fungsinya sama dengan skill Angel Lift milik Dante. Vergil tidak memiliki double jump seperti Dante, tapi skill Angel Boost sudah dimiliki Vergil sejak awal.


- Summoned Sword
Summoned sword adalah satu-satunya yang bisa digunakan Vergil untuk serangan jarak jauh. Selain serangan biasa, semua skill summoned sword mengkonsumsi bar devil trigger. Skill untuk summoned sword : Spiral Sword, Blistering Sword (skill mantap untuk bully Witch :3), dan Storm Sword.



DOPPELGANGER
Jika Dante punya Devil Trigger untuk menerbangkan musuh (lol), Vergil dapat membuat bayangan dirinya yang memiliki gerakan yang sama persis, dan jika di upgrade tipe serangannya dapat berbeda dengan Vergil.

...dimana doppel-nya? Lihatlah penampakan sebelah kiri Vergil. Bayangan hitam gaje itulah Doppel-nya.


ACHIEVEMENTS
Vergil's Downfall juga mempunyai achievements tersendiri, dan semua title-nya juga quote dari game Devil May Cry yang sebelumnya.



Q : Koq layarnya kotak--
A : GLORIOUS CRT!

Q : Gambarnya kecil woi!
A : Klik woi!


> Conclusion :

What's Good :
1. Graphic
Masih tetap bagus seperti biasa, walaupun mungkin berasa ada sedikit penurunan dibandingkan game utamanya.

2. Story
Menceritakan tentang kegalauan Vergil, lol. Joke aside, cerita tentang perubahan Vergil yang sebelumnya not-so-bad guy- namun dikarenakan rasa kecewa, cemburu, dan putus asa- akhirnya menjadi orang yang penuh dendam, rasanya disampaikan cukup bagus.

3. Control
Ga berubah dari yang dulu, dan memang sebelumnya juga sudah baik. Pengantian tipe senjata, dan evade tidak susah.


What's Descent :
1. Gameplay
Sangat disayangkan tidak ada musuh, terutama bos yang harus dilawan dengan cara khusus, mungkin dikarenakan game yang terbilang sangat singkat, hanya 6 misi.

2. Music
Well, masih sama, gak terlalu gimana juga musiknya ( ̄ー ̄).

3. Doppelganger
Pemakaian Doppel akan sulit jika belum terbiasa, dan mungkin juga akan susah terbiasa, dikarenakan bar Devil Trigger akan cepat habis sebelum terbiasa menggunakan Doppel, dan Training tidak terlalu membantu banyak karena dummy hanya 1 musuh. Sisi positifnya, bar Devil Trigger Vergil lebih mudah terisi dibandingkan Dante.


What's Bad :
Game Design. Beberapa platform terasa "kasar" desainnya, dan animasi 2D-nya terkadang begitu indah, sampai kadang gw bingung ini maksudnya mau gambar siapa .___.

----------
Sebagai sebuah DLC untuk DmC, Vergil's Downfall cukup seru untuk dimainkan. Yang disayangkan adalah desain gamenya yang seperti membangun rumah, sebelum semen kering, sudah lanjut dibangun. Walaupun terlihat sebagai produk yang telah "selesai", kekurangannya juga jadi terlihat cukup jelas. Walaupun singkat hanya 6 misi, tapi cukup worth (´・ω・`).

[PC Game] DmC : Devil May Cry DLC - Vergil's Downfall
4/ 5
Oleh

2 comments

Write comments
avatar
July 4, 2017 at 10:33 AM

Ntep artikelny bro tntang dmc..
Salut gw.
Btw in copas apa buat sndiri :v

avatar
July 5, 2017 at 11:16 AM

Buat sendiri, sewaktu masih niat bikin review game ( ̄▽ ̄)