Feb 25, 2013

[PC Game] DmC : Devil May Cry


Kali ini review game action yang SSSensational, Dante May Cry DmC : Devil May Cry, yang merupakan game reboot dari seri Devil May Cry, yang menukar tokoh utama Dante yang kinclong dengan Dante yang kusam lol. Diluar "kegagalan" reboot ini, DmC sebenernya asik kalau dimainkan, anggap saja game baru yang kebetulan punya tokoh-tokoh dengan nama yang sama.

Mulai dari karakter-karakternya :

CHARACTERS
- Dante
Tokoh utama yang satu ini suka main cewe, tinggal di trailer, exhibisionist dan tidak pakai celana dalam mulai dari awal sampai akhir (lol). Walaupun karakternya memang terasa badass. Penampilannya? Gak beda jauh dengan pendahulunya....
..."Not in million years". Inilah penampilan barunya di DmC :

- Vergil & Kat
Vergil adalah saudara kembar dari Dante yang kali ini penampilannya jadi like a boss... literally, dan Kat adalah gadis yang menjadi penghubung Dante untuk keluar dan masuk Limbo City, serta menjadi pemandu.

- Sparda dan Eva
Kedua orang tua dari Dante dan Virgil, Sparda adalah seorang demon pecinta BDSM, dan Eva adalah angel. Hubungan keduanya terlarang karena anak mereka, yang disebut Nephilim, sanggup melewati kedua dunia tersebut.

- Mundus dan Lilith
Tokoh antagonis, Mundus menyamar menjadi seorang pengusaha bernama Kyle Ryder, dan Lilith adalah pasangannya.

- Ryuk
Kali ini Ryuk mengganti Death Note-nya dengan senjata untuk melawan Dante.
...err, ini Demon Hunter yang merupakan boss di misi pertama.


WORLD
Limbo City adalah kota yang dikuasai oleh demon, dan pararel dengan dunia nyata. Kerusakan yang terjadi di Limbo juga terjadi di dunia asli, begitu juga sebaliknya. Selain Limbo, Dante juga akan masuk ke dunia lainnya, yang kalau diceritakan akan jadi spoiler :3.


Beberapa benda di Limbo dapat dihancurkan untuk mendapatkan red orb, yang dapat digunakan untuk membeli item, beberapa orb dapat mengisi bar HP dan bar devil trigger, walupun jumlahnya jarang dibandingkan red orb.

Ada beberapa "pintu" yang tidak dapat dibuka jika tidak menggunakan senjata tertentu. "Pintu" dengan warna merah harus menggunakan Demon weapon dan yang berwarna biru dengan Angel weapon.



MISSION
Saat misi dimulai Player bisa memilih untuk menambah kemampuan Dante dan senjatanya, serta mengganti penampilan Dante di game. Abilities dapat ditambah dengan menggunakan Upgrade point yang didapatkan dari perhitungan score di akhir misi. Upgrade point tidak permanen, point dapat dipasang dan diambil dari semua abilities (kecuali basic abilities). Divinity Statue mempunyai fungsi untuk upgrade Abilities dan membeli item saat di dalam misi.

Beberapa misi ekstra bisa didapatkan setelah mendapatkan kunci dan membuka pintu spesial yang terdapat di dalam game. Beberapa misi memiliki tantangan tersendiri, mulai dari harus menghabisi musuh dalam waktu tertentu atau dengan senjata tertentu sampai tantangan agar tidak boleh terkena damage sekalipun. Saat misi selesai, Dante akan diberikan item jika misi tersebut baru pertama kali diselesaikan, jika misi diulang maka yang didapatkan adalah red orb.


Saat misi berakhir score dihitung untuk style point (combo), waktu, dan kelengkapan (lost soul, kunci, dan jumlah pintu extra mission yang dibuka), jumlah item yang digunakan, dan jumlah game over. Waktu dan kelengkapan misi akan menjadi faktor perkalian untuk score dari style point, sedangkan penggunakan item dan kematian player akan menjadi faktor pengurang score.


COMBAT
- Combo
Sama seperti game Devil May Cry lainnya, combo tetap jadi faktor penting. Semakin banyak combo yang dihasilkan maka score jadi semakin besar, semakin tinggi penilaian grade combo (jika combo semakin variatif, grade akan lebih cepat naik), maka faktor perkalian score semakin besar. Jika Dante terkena damage, maka grade akan turun drastis.

- Weapon : Rebellion
Pedang yang menjadi salah satu senjata utama Dante. Senjata yang seimbang dalam hal kekuatan dan kecepatan, punya beberapa skill multi-hit yang bagus untuk melawan satu musuh. Stinger dan Trillion Stab FTW!!

- Demon Weapon : Arbiter & Eryx
Demon weapon memiliki kekuatan paling tinggi dibanding senjata lainnya. Dapat dengan mudah melawan musuh yang memakai perisai dan melempar musuh ke udara. Sisi kelemahannya adalah kecepatannya yang rendah dan kurang cocok untuk melawan kumpulan musuh yang dalam jumlah banyak.

Arbiter adalah senjata berbentuk kapak besar dengan damage besar, namun kecepatan combo-nya paling rendah. Tidak dapat digunakan untuk combo di udara karena hanya dapat dilemparkan ke bawah dari udara, tapi dapat melemparkan musuh ke udara dengan mudah untuk disambungkan dengan combo senjata lainnya.

Eryx merupakan senjata dengan bentuk glove di kedua tangan. Eryx memiliki kecepatan combo yang lebih baik dari Arbiter, dan dapat memecah kumpulan musuh yang berada di sekitar Dante. Eryx bisa digunakan untuk combo udara.

Demon weapon juga dapat melakukan Demon Pull, yaitu menarik musuh ke depan Dante baik yang di darat atapupun yang di udara, dan dapat membuat perisai musuh terangkat dan beberapa dapat terlepas. Demon Pull juga digunakan untuk melewati beberapa rintangan.

- Angel Weapon : Osiris & Aquila
Angel weapon mempunyai range yang luas dan kecepatan yang tinggi. Kebalikan dari demon weapon, damage dari Angel weapon adalah yang paling rendah untuk melee weapon. Sangat bagus untuk combo udara dan melawan kumpulan musuh.

Osiris berbentuk scythe, yang setiap kali melakukan damage akan mendapatkan charge yang membuat senjata semakin kuat. Salah satu skill Osiris, dapat mengangkat musuh yang ada di darat ke udara saat Dante sedang berada di udara.

Aquila mempunyai bentuk dua shuriken yang dapat mengumpulkan musuh menjadi satu, dan dapat menahan gerakan musuh. Memiliki range serangan paling luas dan cepat, namun damage yang paling kecil.

Angel weapon mempunyai kemampuan untuk melakukan Angel Lift, yaitu mengangkat Dante langsung ke depan musuh. Angel Lift juga digunakan untuk melewati beberapa rintangan. Selain itu Angel weapon juga kemampuan Angel Boost, dimana jarak lompatan Dante dapat ditingkatkan dengan melayang ke depan beberapa saat di udara.

- Gun : Ebony&Ivory, Revenant & Kablooey

Salah satu senjata utama Dante yang lainnya, Ebony&Ivory, berbentuk 2 pistol yang memiliki kecepatan tembakan paling tinggi dan dapat menahan/juggle musuh di udara. Senjata kedua, Revenant, adalah shotgun dengan damage tinggi namun kecepatan tembakan rendah dan range tembakan terbatas. Kablooey merupakan pistol yang yang dapat memasang dart di tubuh musuh, dart tersebut nantinya dapat diledakkan secara manual.


DEVIL TRIGGER
Hampir lupa bahas yang satu ini. Saat bar berwarna ungu terisi, Dante bisa melakukan Devil Trigger, yang akan membuat Dante jadi ubanan, semua musuh melayang dan tertahan di udara, HP Dante akan terisi perlahan dan kekuatan Dante akan bertambah. Bar akan turun secara perlahan, dan saat habis Dante akan kembali ke kondisi biasa.


ACHIEVEMENTS
DmC mempunyai beberapa Achievements yang bisa didapatkan dengan menyelesaikan beberapa kondisi seperti membunuh sejumlah demon, atau mendapatkan rank SSS. Semua title achievements merupakan quote dari game Devil May Cry yang sebelumnya XD.


Q : Koq layarnya kotak begitu? Kayak game jadul <:3c
A : Karena monitor gw yang jadul terlalu keren, CRT!

Q : Gambar di atas itu kayaknya mission 1 sama 2, koq udah ada demon sama angel weapon lengkap, ada devil trigger pula?
A : Karena udah tamat 1x, semua senjata dsb bisa dipakai dari mission 1.

Q : Gambarnya kecil-kecil amat!
A : Klik biar gede!


> Conclusion :

What's Good :
1. Graphic
Detail Limbo City yang luar biasa, mulai dari reruntuhan (+ yang melayang :3), background yang bagus, sampai bentuk-bentuk benda normal yang dibuat menjadi "twisted".

2. Gameplay
Musuhnya cukup variatif, beberapa harus dilawan secara khusus termasuk bos. Senjata dapat dibuat untuk deflect serangan musuh jika waktunya tepat, bahkan termasuk serangan bos (main voli bersama Mundus, wai ( ゚ ヮ゚)). Action yang bagus, game tidak berasa terlalu repetitif, dan nilai replay-nya cukup besar.

3. Control
Walaupun banyak tombol yang harus digunakan, controlnya cukup nyaman, sehingga mengganti senjata di dalam battle tidak susah, ditambah ada evade.


What's Descent :
1. Story
Reboot yang menarik, diluar dugaan ceritanya oke (lol). Sisi minusnya mungkin ada di ending yang berasa kurang... greget? Perkembangan karakter yang terlihat sayangnya hanya pada Dante.

2. Music
Hampir semua musiknya adalah rock keras dan musik ajeb-ajeb. Beberapa musik terasa pas, namun kadang terasa ear cancer. Tapi yah, ini masalah selera juga, gak terlalu objektif.

3. Devil Trigger
Devil Trigger memang banyak manfaatnya, tapi mengisi bar-nya terbilang lama jika tanpa item, dan periode Devil Triger juga terasa terlalu sebentar habisnya.


What's Bad :
Hanya satu, F word dan kata-kata kasar lainnya. Entah mungkin F word terlihat keren di barat sana, tapi jika kata-kata kasar digunakan untuk momen yang sebenarnya tidak diperlukan, efek yang terjadi malah sebaliknya.

Dan juga gak ada yang moe! Masa Succubus bentuknya cacing gaje berusia 1200 tahun! Mana Nevan!?



Sebagai game "Devil May Cry", mungkin DmC gak bisa menjawab keinginan fans game terdahulu, bahkan terkesan minus. Tapi sebagai sebuah game yang berdiri sendiri (yang mungkin malahan kebalikan dari niat pembuatnya), DmC sangat bagus, walaupun memang tidak sempurna. (´・ω・`)

Bonus Picture :

Sparda si pecinta BDSM, dan siksaannya lebih buruk dari kematian
[PC Game] DmC : Devil May Cry
4/ 5
Oleh

1 comments:

Write comments
avatar
April 21, 2017 at 10:37 PM

😑gw udh tau
Tapi cara buat DEVIL TRIGGER tak terbatas gimana
Suruh namatin misi yg mana