Aug 18, 2014

AFA ID 2014


-pemilik tangan + lightstick di gambar itu gw kenal orangnya-

Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini gw kembali ikut AFA. Buat yang belum tau apa itu AFA, silahkan baca post gw yang tahun jebot ...gw jelasin dikit deh, klo masih penasaran silahkan cek wiki atau page official AFA.

AFA, Anime Festival Asia, adalah event anime untuk Asia Tenggara. Awalnya AFA hanya digelar di Singapore, tapi sejak tahun 2012, AFA juga mulai diadakan di Malaysia dan Indonesia. AFA yang mulai tanggal 15 Agustus lalu, adalah AFA yang ke 3 di Indonesia, dan ini AFA kedua yang digelar selama 3 hari di JCC. AFA pertama, tahun 2012 lalu, ada di JI Expo dan digelar hanya 2 hari (pasar senggol to the max!).

AFA kali ini sedikit beda buat gw dari biasanya, dibanding 2 AFA sebelumnya yang gw datang juga. Apa bedanya? Sementara 2 AFA yang lalu gw cuma "numpang lewat" ala Decade, tahun ini gw ikutan konser Anisong walaupun cuma GA (General Admission). ...EGOIST! AAAAHHHH! *ehem*. Terima kasih buat teman gw yang berhasil bikin gw sampai bisa ikutan nonton konser Anisong m(_ _)m.

Walaupun kali ini gw masih tetap ga bawa kamera kayak tahun lalu (makanya tahun lalu gw gak nulis apapun soal AFA), berkat kamera HP gw yang udah (sedikit) lebih bagus dari tahun lalu, gw sempat ambil 2 foto untuk hal yang ga penting, foto di atas, dan foto ini :


-ini foto gw ambil setelah konser Anisong kelar, alias udah pada pulang-

Koq cuma 2? Gw rada malas buat foto2 yang lain, karena :
  • Gw bertempur ngantri di booth Sony Music sejak datang jam 10 pagi, demi CD Original EGOIST yang dijual seharga Rp 85.000. Kabarnya jumlahnya terbatas, entah bener entah engga, gw ga mau ambil pusing _(:3」∠)_.
  • Selesai tempur di booth Sony Music, arus manusia udah luar biasa. Aslinya sejak gw masuk jam 10, arus manusianya juga sudah luar biasa. Jalan lurus 5 meter itu mustahil tanpa harus muter-muter ikutin arah arus manusia. Males banget buat keliling-keliling foto, karena ini gw akhirnya ngetem (kayak angkot) di Stage.
  • Selama acara di Stage dan konser tentunya ga boleh ambil foto, dan (walaupun begini) gw termasuk salah satu orang yang ikutin aturan tersebut. ...Mau foto pun kamera cuma kamera HP, ga bisa lihat apa-apa juga di hasil foto.

Selain beli CD EGOIST yang "Extra terrestrial Biological Entities", gw juga akhirnya beli CD T.M.Revolution yang "Geisha Boy". CD original! 85 rebu! Yah 2 AFA lalu, gw cuma dateng demi CD murah ini. AFA 2012 dapat LOVER"S"MILE-nya LiSA, dan AFA 2013 dapet BLAU-nya Aoi Eir.

Pengalaman gw yang baru pertama kali ikut konser Anisong ini, sebenernya cukup berkesan. Awalnya mulai dari antri lama sebelum pintu area konser dibuka, pintu konser dibuka jam 16:30, dan gw + teman gw udah mulai ngantri dari sekitar jam 14:30. Sementara dulu upacara bendera yang cuma berdiri 1/2 jam udah berasa kayak siksaan, ini 2 jam berdiri. Dan yang lebih luar biasa, udah ada beberapa puluh orang yang udah antri duluan di depan gw. Kekuatan niat manusia memang luar biasa. Berkat antri 2 jam ini, gw dapet posisi duduk di tribun yang lumayan enak.

Konser di hari Sabtu, tanggal 16 Agustus ada 4 artis yang tampil : EGOIST, DJ Kazu, Hachouji P, dan terakhir Aoi Eir. Walaupun tujuan utama gw ikut konser ini demi EGOIST, gw juga akhirnya bisa menikmati (banget) 3 artis lainnya. Awal konser dibuka oleh EGOIST (!), dan sesuai harapan gw lagu pembukanya adalah "Namae no Nai Kaibutsu", ending anime Psycho Pass. Level hype udah menembus batas, dan rasanya udah hitungan tahun sejak terakhir gw teriak (lol). Sekarang gw tau rasanya penggemar bola kalau klub favoritnya cetak gol. Bisa denger suara asli Chelly itu... asik banget.

Yang sedikit diluar dugaan itu sewaktu penampilan Hachiouji P. Gw yang cuma nyentuh dikit dunia Vocaloid, ternyata bisa cukup suka dengan hasil mixing lagu Vocaloid buatannya. Walaupun memang ada sedikit lagu yang dibawa bukan punya Hachioji P, salah satunya Black Rock Shooter-nya Supercell dan Tell Your World-nya Livetune, yang kebetulan memang gw kenal.

Overall, gw cukup suka dengan konser Anisong ini termasuk DJ Kazu yang mixing OP-ED dari macam-macam anime, termasuk OP anime baru, misalnya OP Hanayamata *paatto paatto~*. Dan penutup terakhirnya adalah Aoi Eir yang bawa beberapa lagu dari album, OP Sworld Art Online --Innocence, dan kali ini bawa lagu baru, lagu OP Sword Art Online II, Ignite.

Tentunya walaupun AFA kali ini cukup asik, beberapa masalah tidak lepas. Salah satunya (dan lagi-lagi) luas area event dengan jumlah pengunjung yang tidak sebanding. Walaupun kali ini tempatnya lebih luas (setidaknya sekarang orang yang makan bisa duduk di lantai), kepadatannya masih terlalu... luar biasa. Yang kedua, sound system konser. Untuk acara stage yang umumnya cuma mengobrol, sound system masih oke, buat konser? Enggak. Oke, untuk kekuatan bass speakernya gw akuin luar biasa, tapi buat suara tinggi, terutama Chelly dan Aoi Eir kemaren, suaranya pecah luar biasa. Kalau mau gw bandingkan, mungkin setara earphone murah yang dijual di pinggiran jalan (serius ._.).


-hasil tempur kemarin-

Semoga untuk tahun depan, AFA bisa lebih baik lagi. Untuk tahun ini gw lebih puas dibandingkan tahun lalu (apalagi AFA pertama), terlepas dari masalah lautan manusia. Buat yang masih ikutan AFA lagi hari ini demi Luna Haruna, Garnidelia, dan T.M. Revolution, gw salut. Karena badan gw masih lumayan sakit-sakit berkat kemaren ;_; (stamina hikkikomori orz).

Mari tunggu AFA 2015 tahun depan ( ̄ー ̄) ...kalau ada, dan kalau gw masih niat ikut lagi. Dan terakhir, yang walaupun gw tulis terakhir bukan berarti gw lupa, selamat hari jadi ke 69 kakek Indonesia •_•7.

AFA ID 2014
4/ 5
Oleh