Sep 25, 2015

NVIDIA GPU Anisotropic Filtering & Anti-Aliasing Trick

Mumpung bisa libur, kali ini gw akan membahas salah satu trick yang sebenarnya cukup penting untuk orang-orang yang sering main game 3D di PC. Terutama game 3D non AAA title yang umumnya memang minim kustomisasi, misalnya game rilisan *uhuk*Illusion*uhuk*, game seperti Neptunia versi Steam, atau bahkan emulator!



Cara ini sebenernya cukup mudah dipakai dan ditemukan, dan memang untuk orang yang tidak suka bongkar isi control panel, kemungkinan akan melewatkan cara ini.

Pertama, apa itu Anti-Aliasing dan Anisotropic Filtering? Sederhananya, Anti-Aliasing adalah tehnik untuk mengurangi permukaan yang terlihat bergerigi (jaggy) sebuah model 3D, agar terlihat lebih halus. Sedangkan Anisotropic Filtering, adalah teknik untuk menambahkan ketajaman texture model 3D agar tidak terlihat blur.

Kenapa cuma untuk GPU NVIDIA? Karena gw dari dulu cuma pakai NVIDIA, jadi untuk yang pakai AMD mungkin bisa ambil inspirasinya saja... maaf ;_;.

Caranya cukup mudah, buka NVIDIA Control Panel (bisa lewat right-click di desktop). Dari menu "3D Settings", pilih "Manage 3D Settings", pilih tab "Program Settings" (di sebelah tab "Global Settings").


Untuk game yang sudah ter-install di PC, biasanya akan muncul di list. Tidak ada di list? cukup tambahkan secara manual melalui tombol "Add".

Untuk mengubah setting Anti-Aliasing (AA) dan Anisotropic Filtering (AF) yang cukup signifikan, bisa dengan mengganti value berikut (nilai maksimum bisa berbeda, tergantung GPU):

Anisotropic FilteringOff - 2x - 4x - 8x - 16x
Antialiasing - FXAAOff
Gamma CorrectionOn
ModeOverride any application setting
Setting2x - 4x - 8x CSAA - 8x - 16x CSAA - 16xQ CSAA - 32x CSAA
TransparencyMultisample - 2x (supersample) - 4x (supersample) - 8x (supersample)
Texture filtering - Negative LOD BiasClamp (value berubah otomatis saat AF dipakai)
Texture filtering - QualityHigh Quality - Quality - Performance - High Performance
Texture filtering - Trinlinear OptimizationOn

WARNING! Tidak semua game dapat diubah setting-nya seperti ini. Game-game yang sudah memiliki setting AA dan AF tersendiri melalui menu in-game terkadang tidak dapat diubah melalui Control Panel NVIDIA.


Pertama, untuk Anisotropic Filtering; semakin besar nilai AF, semakin tajam texture yang terlihat. Dan tentunya semakin tajam texture terlihat, semakin besar beban GPU.

Untuk Anti-Aliasing (AA), lebih kompleks dari AF, karena setiap metode punya kelebihan dan kekurangan. Untuk diagram sederhana, bisa dilihat di bawah ini:


Tanpa Anti-Aliasing

4X Multi Sample Anti-Aliasing (MSAA)

16X Coverage Sampling Anti-Aliasing (CSAA)

16XQ Coverage Sampling Anti-Aliasing (CSAA)


Q : ...Jadi pakai yang mana ini Anti-Aliasing-nya? ._.
A : Singkatnya untuk kualitas : 8X(MSAA) ≈ 8XQ CSAA ≈ 16X CSAA
Q : Bedanya dimana?
A : MSAA lebih umum diterima di semua 3D, namun performanya memiliki beban paling banyak.

CSAA lebih ringan, namun kualitas lebih rendah.

QCSAA anggap saja peralihan antara MSAA dan CSAA, performa lebih ringan daripada MSAA dan kualitas lebih tinggi dari CSAA. QCSAA saat ini hanya ada di GPU NVIDIA.

Untuk performa :
8X CSAA ≈ 4XQ CSAA → 4X(MSAA) → 16X CSAA ≈ 8XQ CSAA → 8X(MSAA) → dan seterusnya.
Q : Jadi kalau begitu pakai AA yang paling tinggi berarti paling bagus?
A : Iya dan Tidak.

Iya, karena sampling yang makin tinggi, berarti permukaan 3D makin halus. Tidak, karena menambah sample (4X-8X-16X) Anti-Aliasing artinya menambah beban GPU, yang akan memiliki efek penurunan frame rate (yang bisa cukup drastis) jika performa GPU tidak mendukung.

Besarnya sampling Anti-Aliasing yang digunakan juga bergantung pada resolusi game/monitor yang digunakan. Penggunaan sampling yang terlalu besar untuk resolusi kecil hanya akan menjadi berlebihan/overkill.
Q : Di setting ditulis FXAA : Off. Apa pula ini FXAA?
A : FXAA (Fast Approximate Anti-Aliasing), metode Anti-Aliasing yang paling ringan. Negatifnya, gambar akan terlihat blur. Beberapa game/aplikasi 3D hanya menerima FXAA.
Q : FXAA ini bisa di-combo dengan MSAA/CSAA/QCSAA?
A : Bisa. Yang jadi permasalahan, ...untuk apa? Secara penggunaan FXAA hanya akan menambah blur. Untuk masalah performa ringan, cukup pilih antara FXAA atau CSAA.


Oke, setelah sakit kepala dengan penjelasan di atas, mari ke topik yang lebih mudah (mungkin harusnya ini duluan *plak*). Seperti apakah pengaruh trik setting ini buat game?

Untuk screenshot perbedaan, gw hanya akan berikan untuk penggunaan setting Control Panel NVIDIA dengan tanpa penggunaan setting. Untuk perbedaan penggunaan MSAA, CSAA atau QCSAA, silahkan coba sendiri dengan metode trial and error.

Setting yang akan gw pakai di Control Panel NVIDIA :

Anisotropic Filtering16x
Antialiasing - FXAAOff
Gamma CorrectionOn
ModeOverride any application setting
Setting16xQ CSAA / 32x CSAA
Transparency8x (supersample)
Texture filtering - Negative LOD BiasClamp
Texture filtering - QualityHigh Quality
Texture filtering - Trinlinear OptimizationOn


Normal
+ Setting Control Panel
Hyperdimension Neptunia Re;Birth 2 (16xQ CSAA)
*ehem* Artificial Academy 2 *ehem* (32x CSAA)
PPSSPP 1.01 / God Eater 2 (16xQ CSAA)
*klik gambar untuk lihat ukuran asli dan perbedaan anti-aliasing. Semua gambar dalam format lossless PNG.

Mungkin ada yang bingung, loh koq yang PPSSPP ga ada bedanya? Ada bedanya, tapi gak signifikan. Karena screenshot yang gw pakai ini sudah pakai scaling 3x resolusi PSP, dan PPSSPP sudah memiliki built-in AF. Lalu kenapa gw tetap pakai? Tidakkah kau ingin menaklukkan dunia? *manly tears* *plak*. Joke aside, kalau hasilnya bisa lebih baik, kenapa tidak?

Gambar penjelasan Anisotropic Filtering & Anti-Aliasing diambil dari website dan forum NVIDIA. Silahkan kesana untuk pengetahuan lebih mendalam mengenai AF dan AA.

Silahkan dicoba dan nikmati game dengan 3D yang halus! (´・ω・`).
NVIDIA GPU Anisotropic Filtering & Anti-Aliasing Trick
4/ 5
Oleh