Dec 30, 2015

Classic Never Dies! Mk. II part 2



Untuk part pertama silahkan lihat disini. Kali ini gw akan pakai SVN PCSX2 1.3.1 built 1574-g3fc9643. Dan untuk yang belum tahu, SVN bukan build stable. Artinya, walaupun fitur yang ada lebih baru dan/atau lebih lengkap dari versi PCSX2 saat ini (1.2.1), build ini masih dalam proses testing; bug atau error kemungkinan (besar) ada.

UPDATE : Sekarang (08/01/2016) PSCX2 sudah rilis versi stable 1.4.0. Secara keseluruhan dari luar, tidak berbeda dengan versi 1.3.1 yang gw bahas ini. Link gw update di bawah.

Setting versi 1.31 ini cukup berbeda dari versi 1.21 baik dari UI maupun beberapa konfigurasi-nya. Jadi, mari cek satu per satu.

Untuk tutorial ini gw akan gunakan ISO file. Kecuali cukup gila untuk menghabiskan umur optik CD/DVD-ROM, gw sangat menyarankan untuk pakai file image ISO. Program gratis untuk membuat ISO file dari DVD PS2 sudah cukup banyak, salah satunya Daemon Tools Lite.


EMULATION Bagian Emulation tidak terlalu banyak yang perlu diubah, biarkan setting dalam keadaan default jika tidak mengerti, terkecuali untuk 2 bagian, GS Windows dan Speedhacks.


GS Windows
Aspect ratio PS2 secara default adalah 4:3 ...atau kira-kira segitu, karena aslinya 640 x 448. Beberapa game PS2 pada tahun-tahun akhir umur PS2, contohnya Final Fantasy 12, ada pilihan untuk widescreen. Tapi untuk game awal, hanya ada untuk aspect ratio 4:3. Kalau menggunakan pilihan Widescreen, sebaiknya gunakan Widescreen Patches dari menu (System → Enable Widescreen Patches), kalau tidak ingin wajah karakter game jadi selebar wajah karakter Hidamari Sketch.

Speedhacks
Bagi yang CPU nya sudah 4 core (Core 2 Quad, i5 4 core, Phenom X4 etc), nyalakan MTVU, penambahan performa akan terasa greget.

COMPONENT SELECTOR : PLUGIN, BIOS & FOLDERS

Pada bagian GS, pilih GSdx yang sesuai dengan CPU komputer. Pilihan lainnya seperti PAD, CDVD dan lainnya, biarkan saja menggunakan pilihan awal.

Q : Uh... CPU yang gw pakai ini SSE berapa? ._.
A : Lihat program log/console PCSX2, di baris x86 Features Detected tertulis support SSE yang dimiliki CPU, pakai angka yang paling besar.


Untuk pilihan BIOS dan Folders rasanya sudah cukup jelas. Pilihan BIOS sebenarnya tidak masalah, BIOS USA tetap bisa digunakan untuk memainkan game JPN.

VIDEO SETTING Sekarang sampai pada bagian yang paling ribet dan bikin garuk-garuk kepala: setting grafik. Emulator bukanlah PS2 yang hanya punya 1 sistem spesifikasi, 1 setting yang bisa dipakai untuk menjalankan game, belum tentu bisa dipakai untuk game lainnya.


Gunakan hardware renderer untuk pilihan yang lebih banyak seperti mengubah resolusi asli PS2. 2x Native artinya seluruh game akan di-render di resolusi 1280 x 960, baik 2D maupun 3D. Biarkan Interlacing ada pada pilihan Auto, Interlacing berguna untuk mencegah tampilan layar bergetar pada beberapa game. Semakin tinggi Anisotropic Filtering, maka kinerja emulator akan semakin berat.

Keterangan pilihan lainnya seperti "Allow 8-bit Textures" (menentukan proses texture di CPU atau GPU), dapat dilihat pada tooltip.


Beberapa game perlu hack untuk menghapus glitch, hack yang bisa digunakan di 1 game belum tentu bisa untuk game lainnya. Ribet? tentu. Keterangan tiap pilihan ada di tooltip dan bahkan disebutkan untuk beberapa game. Contoh hack misalnya untuk game Persona 3, gunakan Alpha Stencil untuk memperbaiki glitch bayangan karakter, dan Sprite : Half, untuk memperbaiki glitch pada Social Link.


tanpa Alpha Stencil

dengan Alpha Stencil
tanpa Sprite : Half dengan Sprite : Half

Pada Shader Configuration, sebaiknya gunakan FXAA, membuat grafik lebih halus (tidak jaggy), tapi dampak performanya ringan. Di bagian Shade Boost; saturasi, terang dan kontras gambar dapat di-setting. PCSX2 juga support external shader, yang bisa digunakan untuk mengubah kontras tampilan gambar dan lain-lain.

Penjelasan sederhana tentang Anisotropic Filtering dan FXAA bisa dilihat di post gw sebelumnya.

CONTROLLER SETTING

Di sini gw pakai controller XBOX 360, yang memang controller yang paling mudah diterima oleh PC. Force Feedback untuk XInput berfungsi di PCSX2, yang artinya fungsi Vibration dari game dapat berjalan.

SOUND SETTING

Setting pilihan untuk Volume biarkan saja dalam kondisi default, terkecuali suara terasa terlalu berat/stutter, ganti Interpolation menjadi 1-Linear. Oh, sebaiknya kecilkan volume di awal, untuk jaga-jaga agar tidak menderita sakit kuping :).

MEMORY CARD

Salah satu fitur baru adalah tipe memory card dalam bentuk folder. Keunggulan memory card tipe folder adalah bisa memuat save file dengan ukuran total tidak terbatas. Save file juga terpisah per game, sehingga mudah di delete. Kekurangannya? Nama folder save file tidak selalu mudah dimengerti. Bagaimana bisa tahu folder BASLUS-21621Save0 itu save untuk Persona 3 FES? ._.

Save file yang sudah ada dalam bentuk memory card biasa, dapat diubah menjadi format folder lewat pilihan Convert.


Saat ini buat gw, save manager yang paling mudah dimengerti (tapi sedikit lebih ribet), adalah lewat BIOS. Untuk akses BIOS, pilih menu CDVD → No Disc, lalu boot CDVD seperti biasa.

Semua memory card yang dibuat melalui PSCX2 akan dalam kondisi unformatted (kalau lihat kolom Formatted akan ada tulisan No), yang tentunya gak akan bisa dipakai untuk save game. Gw belum menemukan cara lain untuk format memory card ini selain lewat BIOS PS2. Pilih menu Browser di BIOS, lalu pilih memory card yang belum ter-format, akan ada konfirmasi untuk memulai format.
OTHERS SAVE STATE
Untuk yang pernah pakai Emulator sebelumnya, kemungkinan besar tahu apa itu Save State. Secara sederhana, Save State adalah fitur untuk save dan load game kapan pun tanpa harus menunggu save point atau menu load dari game.

Q : Bisa dipakai kalau salah pilihan atau RNG donk? o_O
A : Yup

CHEATS
Ada 2 cara untuk input cheat di PCSX2 :
• ISO disc, misalnya Codebreaker
• PNACH file

ISO disc
Sama seperti game biasa, boot ISO file, pilih cheat. Pada saat diminta mengganti disc game, pilih menu CDVD → Iso Selector → pilih iso File, dialog box "Confirm ISO image change" akan muncul, pilih "Swap Disc". Profit.

PNACH file
PNACH lebih jauh lebih kompleks daripada pakai DVD cheat, karena kode-kode harus di-convert terlebih dahulu. Guide untuk membuat PNACH dapat dilihat di forum PCSX2, disana sudah cukup lengkap. Perbedaannya hanya pada letak kode CRC, di versi 1.3.1 kode CRC dapat dilihat pada title program log/console pada saat menjalankan game.


Terlalu ribet? carilah orang-orang baik hati yang telah membuatkan file PNACH di forum PCSX2, download, taruh file di folder "Cheats". Kalau mau edit file PNACH, bisa menggunakan text editor; misalnya Notepad atau Notepad++. Tambahkan 2 karakter slash (//) pada awal baris kode untuk non-aktifkan kode tersebut.

Q : ...Kenapa pakai cheat?
A : Kenapa tidak? (´・ω・`)



Contoh Screenshot dan Video untuk PCSX 1.3.1 bisa dilihat >>DISINI


Q : Kalau mau download PCSX2 lewat mana ya?
A : Versi stable (1.4.0)-UPDATE : disini
Versi SVN 1.3.1 yang gw pakai : disini
Untuk SVN lainnya : disini
Q : BIOS nya dari mana?
A : Dump sendiri dari console PS2, ...atau tanya orang pintar bernama Mbah Google.
Q : Ini daritadi udah setting sana sini, tapi jalanin game-nya gimana caranya? ;_;
A : ...Pilih menu System → Boot CDVD (full) atau Boot CDVD (fast). Perbedaannya cuma kalau "full", animasi awal dan logo Playstation 2 muncul (persis boot PS2 asli). Untuk "fast" langsung masuk ke game.
Q : Gila ini setting-nya ribet amat! Gak ada cara yang lebih gampang?
A : Program ini jelas bukan untuk anda. Berhentilah sekarang, coba lagi di kehidupan berikutnya, atau belajar bersabar.

Well then, silahkan dicoba _(:3」∠)_

Classic Never Dies! Mk. II part 2
4/ 5
Oleh